Breaking

Jumat, 27 September 2019

Bubur Sagu Khas Ambon


HALO KULINER  -
Bagi masyarakat, Ambon sagu tidak hanya disantap sebagai makanan pokok, tetapi sagu bisa juga diolah menjadi Bubur yang sedap. 
Meski mirip dengan bubur tepung kanji tapi sagu mempunyai cita rasa tersendiri. Berpadu dengan siraman saus santan yang agak asin.

Tips penting: Beberapa sumber mengatakan lempeng sagu kering harus direndam semalaman sebelum dimasak tetapi saya punya cara sendiri yang lebih cepat dan praktis. 
Silahkan rendam lempengan sagu kering dalam air dingin selama 30 menit hingga agak lunak, buang air rendaman, remas2 hingga agak hancur kemudian blender sampai halus. Bubur Sagu Mentah siap anda masak.

Cara Membuatnya:

Bubur Sagu : Taruh sagu lempeng di dalam wadah atau mangkok yang besar. Siram dengan air dingin hingga semua terendam. Biarkan selama 30 menit. Buang air hasil rendaman, remas2 sagu hingga agak hancur berbutir-butir. 

Masukkan ke dalam blender, tambahkan air dingin secukupnya (ambil dari 750 ml air untuk bahan bubur). Blender hingga halus. Masukkan sagu halus ke dalam panci, tambahkan sisa air, gula merah sisir, daun pandan dan sedikit garam. 

Masak dengan api sedang supaya bubur matang pelan-pelan dengan sempurna. (Jangan memasak dengan api besar karena bubur akan cepat mengental tetapi belum matang sempurna sehingga bubur berasa dan berbau tepung). 

Ketika bubur mulai mengental, masukkan gula pasir dan aduk terus menerus supaya tidak gosong. Teruskan mengaduk hingga bubur matang sempurna ditandai dengan bubur yang meletup-letup. Cicipi, jika perlu tambahkan gula atau garam sesuai selera. Angkat dari api.
Saus Santan: Masak santan bersama daun pandan dan sedikit garam. Aduk2 supaya santan tidak pecah. Masak sebentar saja tidak perlu sampai mendidih.
Cara Penyajian: Tuang bubur sagu ke dalam mangkok saji. Siram dengan kuah santan. Sajikan panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar