Breaking

Senin, 30 September 2019

Donat Kampung Empuk dan Lembut

HALO KULINER  -

Donat kampung kue yang sederhana terbuat dari bahan yang cukup sedikit apabila dibandingkan dengan resep donat lainnya. Memang tidak semua orang yang membuat donat hasilnya empuk dan lembut sampai didalam. 
Kebanyakan atau bahkan teman teman mungkin pernah mengalami sendiri membuat donat yang hasilnya bantet dan keras. Resep donat kampung ini bisa dibilang sangat praktis cara membuatnya.

Bahannya:

Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu kualitas bagus yang mempunyai kandungan protein tinggi kurang lebih sebanyak 250 gram saja. 
Jangan menggunakan tepung lain karena nanti hasilnya tidak akan empuk dan lembut. Jangan lupa tepung terigu diayak sampai halus supaya kotorannya hilang dan adonannya nanti tidak ada gumpalan gumpalan.

Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja. Jangan terlalu banyak supaya donatnya tidak gosong saat akan digoreng nantinya.

Fermipan atau ragi instan untuk membantu mengembangkan adonan donatnya kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 1 pcs saja.
Margarin kualitas bagus supaya nanti lembut hasilnya kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja. Air es dingin kurang lebih sebanyak 100 ml saja. Bisa ditambahkan sedikit apabila adonannya belum kalis.

Susu bubuk full cream kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja. Bisa diganti juga dengan susu sachet kalau tidak ada kurang lebih sebanyak satu sachet kurang sedikit.

Mentega secukupnya untuk mengolesi bagian luar donat sebelum ditaburi topping. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan donatnya. Minyak sebaiknya cukup banyak sampai bagian bawah donat tidak menyentuh alas wajan supaya tidak gosong hasil jadinya.

Keju parut, coklat butiran atau meses, gula halus, coklat batangan yang sudah dilumerkan atau bahan lain secukupnya untuk bahan toping diatas kue donat lembutnya.

Cara Membuatnya:

Langkah pertama saring dan ayak tepung terigu yang akan digunakan sampai benar benar halus supaya nanti adonannya tidak bantet.

Siapkan satu wadah adonan lalu tuang gula pasir, fermipan dan telur ayamnya lalu aduk aduk semua bahan sampai rata.

Masukkan tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya bersama susu bubuknya lalu aduk aduk kembali sampai semua adonan tercampur rata.

Masukkan airnya sedikit ke dalama adonan donatnya lalu aduk aduk dan uleni sampai tercampur rata. Ulangi sampai airnya habis dan adonan menjadi setengah kalis.

Masukkan menteganya ke dalam adonan diatas lalu aduk aduk kembali dan uleni bersama adonan lain sampai kalis (tidak lengket di tangan).

Diamkan dan tutupi wadah adonannya dengan kain atau serbet kurang lebih selama 30 menit sampai 60 menit.

Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai selera lalu bentuk ligkaran dengan bulatan di tengahnya diatas loyang atau wadah lain. Jangan lupa loyang tempatnya di taburi dengan sedikit tepung terlebih dahulu supaya tidak lengket.

Ulangi sampai semua adonan habis kemudian tutupi dengan kain lagi dan diamkan sampai adonan resep donat kampungnya mengembang kurang lebih selama 15 menit sampai 20 menit.

Siapkan penggorengan dengan api kecil dan beri minyak cukup banyak. Masukkan adonan donat yang sudah mengembang dan goreng sambil diputar putar bagian tegahnya dengan sumpit supaya membentuk lubang rata.

Masak sampai kuning keemasan/kecoklatan lalu balik lagi dan masak sampai matang kemudian tiriskan. Ulangi sampai semua adonan habis.

Tunggu donat kampungnya sampai dingin lalu olesi bagian atasnya dengan margarin. Taburi dengan bahan topping yang diinginkan, seperti meses coklat, selai strawbery atau gula halusnya sampai rata. Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar