Breaking

Jumat, 27 September 2019

Beras Kencur Khas Minuman Jawa

HALO KULINER  -

Minuman beras kencur terkenal sebagai penyegar badan yang lelah. Jadi jamu beras kencur cocok dikonsumsi setelah bekerja, olahraga dan aktifitas sehari-hari lainnya. 

Jamu beras kencur jamu tradisional jawa asli ini dibuat dari aneka rempah alami. Bahan-bahan yang digunakan memang sederhana, namun menyimpan khasiat yang luar biasa dibanding minuman segar lainnya.

Beras kencur memiliki kandungan vitamin B, kandungan minyak atsiri, asam cinnamic, mineral, asam anisic, ethyl aster, asam methyl kanil, borneol, penta dekaan, alkaloid, kamphene paraemarin dan gom, sangat baik dikonsumsi oleh tubuh secara rutin dan teratur.

Kahsiat Dan Manfaat Jamu Beras Kencur dapat mengurangi rasa sakit. Beras kencur yang memiliki kandungan minyak atsiri yang bersifat seperti cat analgesic yang dibutuhkan oleh tubuh.
  
Manfaat beras kencur dapat memberikan efek rasa segar dan bugar pada tubuh. Dapat mengurangi rasa pegal dan capek pada tubuh setelah seharian beraktifitas. Dapat menjaga dan menambah stamina tubuh.
 
Mencegah munculnya jerawat. Jadi cocok dikonsumsi para remaja puber yang biasanya berjerawat. Membantu melangsingkan tubuh secara mudah dan alami. Cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalankan diet alami. 
Dapat meredakan gejala masuk angin. Jamu beras kencur dapat meringankan migraine. Khasiat dan manfaat jamu beras kencur untuk menambah nafsu makan. Khasiat dan manfaat jamu beras kencur untuk meringankan penyakit maag. 
Mengkonsumsi beras kencur secara rutin dapat membantu menebalkan dinding pada perut.
Ketigabelas, dapat membantu melancarkan peredaran darah. Khasiat jamu beras kencur yang terakhir adalah dapat membantu menjada metabolisme dalam tubuh.
Bahan-bahan dan Cara Membuat Jamu Beras Kencur:

Bahan-bahan Jamu :

- Beras putih 200 gram
- Kencur 6 ruas jari
- Jahe 2 ruas jari
- Asam jawa 2 sendok makan
- Air 7 gelas
- Daun pandan 2 lembar
- Jeruk nipis 2 buah
- Gula jawa 240 gram
- Gula pasir secukupnya
- Garam secukupnya

Cara Membuatnya :

Langkah awal, cuci bersih beras putih kemudian rendam selama 3 jam, sisihkan. Air Gula : rebus air sampai mendidih, masukkan gula merah, gula pasir, garam, asam jawa, daun pandan, jahe dan kencur yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Masak terus sampai gula larut, aduk rata, matikan api.
 
Ambil atau pisahkan ampas (jahe, kencur, daun panda dan asam jawa yang masih utuh) dengan menggunakan saringan, sisihkan. Jika sudah 3 jam trisikan beras lalu masukkan ke dalam blender lengkap bersama jahe dan kencur.
 
Blender sampai halus, kemudian masukkan ke dalam air gula yang tadi sudah direbus. Saring kembali. Jamu beras kencur rumahan racikan sendiri dapat disajikan hangat atau dingin bersama es batu sesuai selera lengkap dengan perasan air jeruk nipis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar